Rabu, 16 Maret 2016

Pemeliharaan ikan hias didalam akuarium 

 
Pemeliharaan ikan hias didalam akuarium - Ikan yang merupakan salah satu binatang yang hidup dia air memilki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. mulai dari cara mereka hidup, cara mereka makan, cara mereka beradaptasi dan lain-lain. selain itu ikan juga ada yang dapat dimakan dan ada juga yang tidak dapat dimakan karena beracun. dan yang akan dibahas pada ulasan ini adalah ikan yang bukan untuk dimakan melainkan hanya dijadikan hiasan yaitu ikan hias. gambar ilustrasi ikan hias Ikan hias adalah salah satu hobi yang banyak digemari semua kalangan dan bahkan juga menghasilkan sejumlah uang. Mengoleksi suatu jenis ikan dapat dilakukan dirumah, kantor atau tempat yang membuat nyaman bagi seseorang. Bagi sejumlah orang, memelihara ikan hias dapat menghilangkan stress atau sebagai hiasan yang indah baik diruangan atau tempat lainnya.
 Bila anda baru pertama dan ingin memulai mencoba memelihara ikan hias dalam akuarium pertama tama yang harus anda perhatikan adalah: 
1. Jenis ikan yang dipelihara. Jenis ikan yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Contohnya jika anda memelihara ikan air tawar, pilihlah ikan yang sesuai dengan keinginan anda seperti ikan koki, ikan louhan, ikan koi, ikan oskar dan banyak lagi jenis ikan air tawar yang banyak di jual ditempat-tempat penjual ikan hias yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. 
2. Pastikan ikan yang di pelihara tidak saling beradu. Apabila anda memelihara lebih dari satu jenis ikan, pastikan ikan yang dipelihara tidak agresif untuk memberikan kenyamanan pada ikan. Ini bisa mengakibatkan ikan bisa mencabik cabik satu sama lain sehingga ikan yang lemah dapat rusak sirip, ekor maupun badan ikan.
 3. Pastikan pakan ikan yang sesuai. Banyak pakan ikan hias dipasaran yang bisa dipilih baik pakan olahan atau pakan alami. Pemberian pakan pada ikan harus di sesuaikan yaitu tidak memberikan pakan yang berlebihan. Pakan yang berlebihan dan tidak habis dimakan dalam waktu tertentu dapat menimbulkan kotoran dalam akuarium sehingga menjadi bakteri beracun bagi ikan yang dapat mempengaruhi kesehatan ikan.
  4. Memberikan peralatan di akuarium. Peralatan yang di perlukan untuk memberikan kenyamanan bagi ikan seperti alat penyaring air akuarium, pompa udara ke dalam akuarium, dan lampu yang dapat menyinari akuarium dan memperindah akuarium. 
 5. Menjaga kondisi air. Ini sangat diperlukan agar kondisi ikan tetap sehat. Menggunakan air tanah yang telah diaerasi , jika menggunakan air PAM bisa menggunakan anti kaporit yang dijual dipasaran dan cukup murah bisa digunakan berkali-kali dalam waktu lama dan bisa juga menambahkan cairan penjernih air agar tetap bersih. Anda bisa menganti air akuarium dalam jangka waktu 2 atau 3 minggu untuk menjaga kebersihan air.
 6. Aksesoris akuarium Agar mendapatkan keindahan lebih pada akuarium, anda bisa memberikan pasir, karang, bebatuan indah dan tumbuh-tumbuhan air yang ada dijual di pasar yang dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Selamat mencoba mudah mudahan ikannya selalu sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar